Selasa, 05 Mei 2009

:. Honda Vario 2008 (Jakarta)
Ksatria Kegelapan
2009-04-08 18:12:27

1841vario-dvd-1.jpgMotor Batman atau Bat Moto pernah menjadi cover MOTOR Plus beberapa edisi lalu. Eh taunya ada juga warga Pondok Gede, Jakarta Timur yang ingin punya motor bertema sama. Tapi, ya tentu saja masih jauh dari tampilan serem si Ksatria Kegelapan tadi.

“Karena pengin bertema Batman, makanya arm custom dibuat seperti kelelawar,” kata Sudadi Reso, sang modifikator. Memang lengan ayun harus dibuat ulang karena posisi 1842vario-dvd-2.jpgsumbu roda juga sudah bergeser lebih ke belakang.

“Awalnya sempat jajal mundur 20 cm tapi kepanjangan. Makanya pakai yang 15 cm aja,” beber Dedi, panggilan akrabnya. Memang dalam penentuan mundurnya roda ini harus memperhatikan banyak hal. Misal saja lebar roda dan bentuk bodi.

“Seandainya bodi dimodif ekstrem bisa lebih panjang lagi, takutnya nggak harmonis antara bodi dan roda,” tambahnya. Itu memang pemikiran cerdas yang kadang sering dilupakan modifikator. Asal panjang dikira keren. Memang Dedi hanya memasang beberapa bodi kit sederhana di skubek ini. Sehingga bentuk asli Vario masih jelas.

1843vario-dvd-3.jpgLangkah cerdik Dedi lainnya dalam kombinasi hitam dan krom. “Itu perpaduan paling simpel dalam modifikasi, kalau hitam ya pasangan sejatinya krom. Begitu juga sebaliknya,” tambah ayah tiga anak ini. Terlihat Dedi total untuk urusan krom ini. “Bahkan knalpot dipilih yang krom juga walaupun lebih mahal,” bebernya lebih jauh. Memang knalpot Password yang biasa hanya Rp 400 ribu sedang krom lebih mahal Rp 100 ribu.

Seakan enggak mau tanggung, maka seluruh komponen akhirnya juga dilapis krom. “Sekalian dari kaki-kaki hingga setang, saya yakin lebih sip dilihatn,” tutup pria yang juga bisnis es ini. Percaya deh!

POTONG LEHER KNALPOT

Untuk urusan custom swing-arm, Dedi memang serius. Karena itu hasil usaha kerasnya tadi diusahakan terlihat menonjol. “Supaya bagian itu terlihat, maka knalpot diusahakan menjadi lebih pendek dan rata,” kata Dedi menerangkan.

Guna mendapat tampilan itu, maka pemotongan di bagian leher dilakukan. “Bagian yang dibuang cukup panjang. Ada sekitar 30 cm,” ungkapnya.1844vario-dvd-4.jpg

JARI-JARI H-D

Roda belakang, selain sangar dari ukuran, tampilan juga sudah beda. Itu berkat pilihan jari-jarinya. “Diameter jauh lebih besar dibanding punya bebek atau skubek biasa,” tambah pria ramah ini.

Jelas dan pasti karena doi menggunakan jari-jari yang biasanya mengisi pelek Harley-Davidson (H-D). Diameter jari-jari pelek bebek atau skubek umumnya hanya 3,1 mm. Sementara yang digunakan sampai pada ukuran 4 mm. Gambot betul!

DATA MODIFIKASI


Ban depan : Deli Tire 140/60-14
Ban belakang : Shinko 150/70-14
Pelek : Custom
Sok depan : Yoshimura
Sok belakang : YSS Classic
Bonggol setang : KTC
Berkah variasi : 0812-8161-516

Penulis/Foto : Nurfil/David

Tidak ada komentar:

Posting Komentar